Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi secara terminology berasal dari kata

  • “bio” yang artinya makhluk hidup atau agen hayati atau organisme meliputi makhuk hidup single dan multisel yang kemudian menjadi substrat atau bahan yang akan dikelola untuk menghasilkan produk (barang/jasa).
  • “techno” yang artiya teknik atau rekayasa yang digunakan untuk memanfaatkan substrat
  • “logos” yang artinya ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pengembangan produk seperti biologi, fisika, kimia, genetika, biokimia, mikrobiologi, teknik kimia, teknik matematika, dan sebagainya yang terkait dan digunakan untuk pegembangan produk

 

Beberapa definisi bioteknologi:

  1. Bioteknologi merupakan penerapan asas-asas sains (ilmu pengetahuan alam) dan rekayasa (teknologi) untuk mengolah suatu bahan yang melibatkan aktivitas organisme untuk menghasilkan barang dan/atau jasa. ( Bull et al.,1982)
  2. Bioteknologi merupakan penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kerekayasaan untuk mengolah bahan dengan bantuan agen biologis sehingga dapat menghasilkan bahan dan jasa (OECD,1982).
  3. Bioteknologi adalah teknik pendayagunaan organisme hidup atau bagian organisme untuk membuat atau memodifikasi suatu produk dan meningkatkan/memperbaiki sifat tanaman atau hewan atau mengembangkan mikroorganisme untuk penggunaan khusus (OTA-US, 1982).
  4. Bioteknologi merupakan eksploitasi komersial organisme hidup atau komponennya seperti; enzim (Primrose, 1987)
  5. Bioteknologi merupakan penggunaan terpadu ilmu pengetahuan yang mencakup biokimia, mikrobiologi, dan ilmu-ilmu keteknikan dengan bantuan mikroba, bagian-bagian mikroba atau sel dan jaringan organisme yang lebih tinggi dalam penerapannya secara teknologis dan industri (European Federation of Biotechnology., 1983)

Secara sederhana, bioteknologi didefinisikan sebagai proses yang melibatkan teknik rekayasa organisme (meliputi enzim atau molekul) untuk menghasilkan produk (barang atau jasa) yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan kehidupan.

 

Ada 4 kata kunci yang dapat kita peroleh untuk memahami definisi bioteknologi:

  1. penerapan ilmu/teknik/ proses
  2. menggunakan organisme/mahkluk hidup (enzym dan atau molekul) sebagai substrat
  3. menghasilkan produk (barang atau jasa)
  4. membawa kebermanfaatan bagi makhluk hidup lain atau kehidupan

Bioteknologi merupakan ilmu pengetahuan yang bersumber dari berbagai disiplin ilmu (mutidisipliner). Bioteknologi tidak dapat berjalan sendiri seperti imu dasar biologi, kimia, fisika dan matematika. Bioteknologi berjalan secara terpadu dengan dukungan berbagai bidang ilmu seperti biologi, kimia, fisika, matematika, teknik komputer, mikrobiologi, biokimia, biofisika, teknik kimia, dan bidang ilmu alam modern lainnya.

 

Sumber referensi:

Smith, J. E. (1985). Biotechnology principles (Vol. 11). American Society for Microbiology.

Nurcahyo, Heru. (2011). Diktat Bioteknologi. Yoyakarta: UNY Press

 

 

mobintakusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *